RSS
Facebook
Twitter

Selasa, 05 Februari 2013



Presentasi didasarkan pada pengembangan aspek kognitif.Kognitif adalah Tingkah laku adaptif dari individu yang umumnya didasari oleh beberapa elemen pemecahan masalah dan diarahkan oleh proses kognitif dan pengoperasiannya. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan game edukasi.Beberapa aspek harus dipertimbangkan karena game adukasi bukan sebuah hiburan semata melainkan jalur lain penyampaian sebuah pendidikan berbasis media yang disukai anak-anak.

Beberapa hal yang harus di perhatikan adalah :

1. Tujuan
Dalam membuat sebuah game hendaklah memperhatikan tujuan awal untuk apa game itu dibuat. Strategi yang digunakan agar tujuan tercapai haruslah direncanakan dengan matang. Untuk game edukasi misalnya hendaklah dibuat sesuai dengan apa yang pengguna game pelajari.

2.Moral
Game edukasi adalah game yang mendidik, sebisa mungkin aspek-aspek kecil ditanamkan melalui sebuah permainan.Nilai moral yang digambarkan sebuah permainan haruslah sesuai dengan etika pendidikan yang berlaku.Tak pantas jika game untuk pendidikan berisi perkelahian atau mengandung pornografi, dalam SIG CAI ini sebisa mungkin aspek nilai agama ditanamkan pada setiap rangkaian pembelajaran.

3.Melengkapi
Game yang dibuat harus melengkapi materi,bukan malah mengurangi anak dalam bidang tertentu. Misalnya ketertarikan anak terhadap permainan bisa mengurangi anak memahami teks baca, ataupun respon ke pendidik.

4.Interaktifitas
Kelemahan komputer sebagai mediator adalah tidak bisa diraba oleh pengguna apa yang sedang dilakukan,jadi sebisa mungkin interaktifitas harus ada dalam sebuah permainan


http://www.smkn1sidoarjo.sch.id/articles215-Game-Dalam-Pembelajaran-Berbasis-Multimedia.html

0 komentar:

Posting Komentar